Kamis, 14 Mei 2009

KONFERENSI KELAUTAN

KONFERENSI KELAUTAN


Manado - Manado mengguncang dunia. Untuk pertama kalinya di dunia, kota yang dikenal dengan sebutan "Kota Tinutuhan" alias "Bubur Manado" ini, menggelar even internasional bidang kelautan. Even yang bertajuk World Ocean Conference (WOC) ini, berlangsung mulai Senin-Jumat (11-15/5/2009) di Grand Kawanua Convention Center, Manado, Sulawesi Utara.
Acara yang dihadiri lebih dari 2.000 peserta dari 121 negara ini, akan membahas lima agenda pokok. Pertama, Coral Triangle Initiative (CTI Summit) untuk mencanangkan konverensi dan preservasi terumbu karang di wilayah segitiga terumbu. Sesi acara ini diikuti oleh enam negara yakni, Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua New Guinea, Solomon Islan dan Timor Leste.

Kedua, Ocean Science, Teknology and Polecy Simposium. Merupakan ajang pertemuan ilmuwan kelautan dan pemegang kekuasaan bidang kelautan di seluruh dunia. Pada simposium ini akan diadakan sekitar 35 sesi pertemuan yang diikuti oleh 1.500 peserta dari seluruh dunia.

Ketiga, Ocean Science, Technology, and Industry Kelautan Exhibition. Merupakan ajang pameran ilmu, teknologi dan industri kelautan yang diikuti oleh 60 negara.

Keempat, Pekan Pembangunan dan Budaya Sulawesi Utara, sebagai sarana memperkenalkan potensi daerah pada dunia internasional.

Kelima, Bunaken as UNESCO Worl Natural Heritage Site. Sebagai sarana untuk mendorong agar taman laut Bunaken menjadi warisan dunia dan pelestariannya menjadi tanggungjawab dunia juga.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Ir Sarwono Kusumaatmadja di sela-sela pertemuan kepada wartawan menyatakan, selain membahas perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan industri kelautan, konferensi ini juga memiliki arti penting bagi pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

Menurutnya, lestarinya lingkungan laut, pulau-pulau kecil dan sekitarnya dengan sendirinya harus menyertakan masyarakat di sekitarnya. "Tanpa memberdayakan masyarakat pesisir dan nelayan, kelestarian lingkungan laut dan pulau-pulau kecil tak akan berhasil," pungkasnya.

0 Comments:

Post a Comment



dEngan NafasMu COY

My Favorite SONG